Tata Metode Aqiqah

By | April 24, 2021

Tata Metode Aqiqah

Waktu ” Kanak- kanak itu tergadai( tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ke 7, dicukur kepalanya serta diberi nama.”( HR Ahmad).

Bersumber pada hadist tersebut, hingga waktu aqiqah yang terbaik ialah jatuh pada hari ketujuh usai si balita dilahirkan. Tetapi, para ulama mengantarkan kalau perihal tersebut bisa dicoba pada hari ke- 14 ataupun 21 dikala ada sesuatu halangan buat melaksanakannya di hari ketujuh.

Syarat

Tata metode aqiqah anak pria serta wanita bersama mempunyai ketentuan yang wajib dipadati. Aqiqah menyarankan buat menyembelih hewan ternak semacam domba ataupun kambing yang lumayan sehat. Umur hewan ternak yang disarankan tersebut ialah tidak boleh kurang dari separuh tahun.

Pembagian Daging Hewan Ternak Metode Aqiqah Anak Pria serta Wanita

Hadist Aisyah r. a:” Sunnahnya 2 ekor kambing buat anak pria serta satu ekor kambing buat anak wanita. Dia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Kemudian dimakan( oleh keluarganya) serta disedekahkan pada hari ketujuh.”( HR Angkatan laut(AL) Bayhaqi).

Bersumber pada hadist tersebut, orang yang melakukan aqiqah disunnahkan buat komsumsi daging hewan ternak yang sudah masak tersebut. Sedangkan, olahan daging tersebut pula disunnahkan buat dibagikan kepada para orang sebelah serta fakir miskin terdekat.

Prosesi Mencukur Rambut

Rasulullah menyarankan buat mencukur rambut balita pada hari ketujuh sehabis kelahirannya. Tetapi, perihal tersebut tidak dipaparkan secara lebih lanjut menimpa tata metode mencukur rambut balita. Yang jelas, proses pencukuran tersebut wajib dicoba secara menyeluruh.

Doa Tata Metode Aqiqah

Dalam tata metode aqiqah ada sebagian doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT. Doa tersebut di antara lain dibacakan dikala hendak menyembelih hewan qurban sampai untuk balita yang tengah menempuh prosesi aqiqah. Berikut doa- doa yang bisa dipanjatkan cocok syariat Islam:

Teks Dikala Menyembelih Hewan Aqiqah: Aqiqah murah Jakarta

” Bismillah, Allahuma taqabbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”

Maksudnya:” Dengan nama Allah, ya Allah terimalah( kurban) dari Muhammad serta keluarga Muhammad dan dari ummat Muhammad.”( HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud).

Baca Juga : Terkuak! Inilah 6 Panduan Pintar Memilah Jasa Pengiriman Barang

Teks Untuk Balita:

” U’ iidzuka bi kalimaatillaahit tammati min kulli syaithooni wa haammah. Wa min kulli‘ ainin laammah.”

Maksudnya:” Aku perlindungkan engkau, wahai balita dengan kalimat Allah yang prima dari masing- masing godaan syaitan dan masing- masing pemikiran yang penuh kebencian.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *